Metode Granada

Cara Mudah dan Cepat Belajar Membaca Al Quran Metode Katibah

E-mail Print PDF

Metode Katibah mengajak Anda dapat Membaca Al-Qur'anBanyak jalan menuju mekkah, begitu kata pepatah. Bagi anda yang ingin belajar membaca al quran dari nolsampai lancar dan fasih, Ustadz Solihin Bunyamin Ahmad, Lc punya solusinya. Beliau telah menemukan sistem cepat belajar membaca Al Quran yang beliau namakan metode katibah. Beliau mengklaim dengan metode ini 1,5 jam dapat membaca al Qur'an dengan fasih hanya dengan 4 Langkah.

Metode katibah ini sangat cocok untuk semua umur dari orang dewasa hingga anak-anak. Penyusun, mengenal dan mempraktekkan sistem pengajaran seperti ini sejak tahun 1995. "Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan. Anak saya yang pertama, kedua dan ketiga telah hafal Juz 'Amma sejak umur 4 tahun, dapat membaca al quran umur 5 tahun, dan khatam Qur'an pertama kali sejak umur 6 tahun." Begitulah pengakuan beliau.

Menurut Ustadz Solihin, kelebihan sistem cepat membaca al Qur'an metode katibah adalah hanya membutuhkan 4 langkah saja untuk dapat membaca al quran yaitu:

1. Menguasai huruf hijaiyyah beserta kasus sambungnya

2. Menguasai tanda baca

3. Menguasai kaedah-kaedah Katibah

4. Latihan yang istiqomah dengan cara Talaqqi

Kabar gembiranya, Ustadz Solihin telah membuat metode katibah ini dalam kemasan paket buku dan VCD sehingga anda dapat mempelajarinya secara mandiri dimana saja dan kapan saja. Dalam satu paket terdiri dari 3 VCD Full animasi pembelajaran secara teori maupun prakteknya, dan disertai juga buku panduan dan Juz 'Amma full color.

 

 

Last Updated on Monday, 16 July 2012 10:29

Metode Granada

E-mail Print PDF

Metode Granada Mengajak Anda Mengerti Bahasa Al-Qur'anMetode granada adalah metode menerjemah Al-Qur'an dengan cara menghitung huruf. Artinya, nahwu (tata bahasa) dan sharaf (perubahan kata) yang menjadi dasar penerjemahan yang dengannya kedudukan kalimat dan perubahan kata bisa diketahui dan diselesaikan dengan cara menghitung huruf. Untuk dapat menerjemah Al-Qur'an (bahkan teks Bahasa Arab lainnya) dengan cara menghitung huruf, maka peserta belajar harus melalui 4 (empat) langkah, sebagai berikut:

1. Menguasai komponen kalimat dalam bahasa arab

2. Menguasai kata-kata tak berubah (tak berakar kata), seperti: huruf bermakna, kata ganti, kata penghubung dan kata tunjuk

3. Menguasai rumus-rumus Granada beserta aplikasinya

4. latihan yang istiqamah dengan dibantu beberapa alat, seperti Kamus Induk Al-Qur'an (oleh Solihin Bunyamin Ahmad,Lc) , Kamus Arab Indonesia, Al-Qur'an terjemah Depag, dan Tafsir Ibnu Katsir. Pada latihan inilah pelajar sedang berporses menggapai hidayah Allah.

Tanpa melewati empat langkah ini pelajar akan kesulitan bisa menerjemah Al-Qur'an, kecuali dengan rentang waktu bertahun-tahun seperti jika ia mempelajarinya dengan metode yang lain.

 

Last Updated on Monday, 16 July 2012 07:36
You are here Metode Granada